Update gempa Cianjur, 56 orang dilaporkan meninggal dunia.

Update gempa Cianjur, 56 orang dilaporkan meninggal dunia.

Pada Senin hari ini (21/11/2022) terjadi gempa bumi di wilayah Cianjur. Berdasarkan update terkini, gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter ini mengakibatkan 56 orang korban meninggal dunia. dan ratusan orang mengalami luka-luka.

Korban luka-luka gempa Cianjur (Sumber: CNN AP/Firman Taqur)

Tercatat ada 25 gempa susulan pasca terjadinya gempa 5,6 SR tersebut. “Ada 25 kali gempa susulan”, kata Kepala BMKG Dwikorita dalam konferensi pers hari ini, Senin 21 November 2022. Dilansir dari data peta gempa, pusat gempa berada di wilayah Kabupaten Cianjur. Menurut BMKG, pusat gempa berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, dan sekitar 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, dengan kedalaman 10 Km.

Data peta pusat gempa Cianjur ( Sumber:Google.com/maps)

Dilansir dari Kompas.com update pukul 17.20 sore ini, jumlah korban jiwa tercatat 56 orang. jumlah tersebut bertambah dibanding data sebelumnya yaitu 46 orang.

“Berdasarkan data terbaru di lapangan, jumlah korban meninggal bertambah menjadi 56 orang,” ujar Bupati Cianjur, H. Herman Suherman (21/11/2022).

Sebelumnya Herman juga mengkonfirmasi bahwa korban meninggal sebelum update terakhir sudah 46 orang dan hampir 700 orang mengalami luka-luka. Sekitar 70 persen korban luka mengalami luka berat. “Korban Luka di RS Sayang Cianjur dan RS Cimacan dan RS Bhayangkara,” kata Herman Suherman.

Gempa Cianjur terjadi pada pukul 13.21 WIB Senin hari ini (21/11) dengan durasi guncangan sekitar 10-15 detik. Selain memakan korban jiwa, gempa Cianjur juga mengakibatkan bangunan rusak.

Gedung rusak berat akibat gempa Cianjur (Sumber: Dokumentasi BNPB)

Di sisi lain, BMKG juga meminta warga masyarakat terus waspada adanya banjir bandang atau tanah longsor yang berpotensi jika terjadi hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *